Thursday, April 28, 2016

Komunitas Fotografi Gelar Bandung Photo Showcase 2015

Bandung – Komunitas Fotografi Bungkus! Bandung Photography Now, KOMVNI Photo Collective dan Institut Francais Indonesia (IFI) berkolaborasi membuat acara perdana Bandung Photo Showcase yang di selenggarakan di berbagai tempat di Bandung dari 7 Maret hingga 29 Maret 2015.

Rangkaian acara dibangun dalam tiga aspek, yaitu pameran, diskusi, serta pendidikan.
Salah satu acara besarnya di Bandung Photo Showcase adalah pameran yang di gelar di Selasar Sunaryo Art Space. Pameran yang bertema Les Elegants ( orang-orang elegan ) adalah hasil karya Francoise Huguier, seorang fotografer dokumenter dan fesyen senior dari Perancis.

Pameran foto ini mengangkat tentang keadaan-keadaan di daerah Bandung. Pameran ini terbagi atas tiga seri, yaitu seri hijab, seri anak, dan seri komunitas metal.

Pada seri hijab Francoise Huguier ingin mengaitkan budaya model hijab dalam konteks adi busana khas Perancis. Fenomena hijab merepresentasikan adanya pencarian estetik sekaligus religius yang dicari oleh perempuan-perempuan muda. “Hijab sekarang bukan lagi jadi penutup aurat tetapi sudah menjadi fesyen,” ujar Programmer Selasar, Rani (24).

Dari fenomena tersebut Francoise Huguier meminta beberapa model perempuan berhijab tampil dalam beberapa pose di depan latar belakang yang bernuansa kitsch yang mewakili peradaban abad pertengahan di Eropa. Karya ini menggaris bawahi lapisan-lapisan paradoks yang ada di kepala Huguier saat melihat fenomena hijab.

Pameran Les Elegants tidak hanya memperlihatkan representasi historis dan sosiologis dari sebuah fenomena di Bandung yang ada di foto Huguier. Foto-foto tersebut mendokumentasikan bagaimana identitas tidak berada dalam wilayah yang ajeg dan konsisten.

Selain menampilkan hasil fotonya,  Huguier menampilkan slide show rangkuman foto-foto dari awal ia mendokumentasikan sampai sekarang. “mungkin dengan di adakan event ini bisa memunculkan para komunitas-komunitas, fotografer atau apapun yang bergerak di bidang foto bisa ikut bergabung dan semakin semarak” tuturnya.

Pameran Les Elegants ini menarik banyak perhatian pengunjung. “pameran ini sangat bagus karena lebih melihatkan karakter foto dari fotografernya. Semoga pameran ini sering diadakan,” ujar salah satu pengunjung, Reza (20).

0 komentar:

Post a Comment