Thursday, May 19, 2016

Review Film Peekay

Bagi yang suka film India pastinya harus nonton film Peekay. Film India yang satu ini gak cuma goyang-goyang aja loh. Film ini punya sisi imajinasi yang gak banyak orang bisa memikirkannya. Pokoknya recommended banget.

Film drama komedi satir India ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani yang terkenal dengan film-filmnya yang sangat kontroversi. Setelah dirilis film Peekay ini mendapatkan banyak tanggapan positif dari para kritikus film bahkan rating IMDB mencapai nilai 8,7. Keren banget kan? Film yang dibintangi oleh aktor India yang sudah tidak diragukan lagi , Amir Khan, dan wanita cantik anushka Sharma.

Film tentang seorang makhluk dari luar angkasa yang tiba di Bumi dalam bentuk manusia yang bernama Peekay ( Amir Khan ). Datang ke bumi berniat untuk mempelajari apa saja kebiasaan manusia yang dilakukan di Bumi.

Namun, setelah berada di bumi ia malah mendapatkan musibah. Remote control miliknya dicuri oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Remote control yang dicuri itu merupakan alat untuk menghubungi pesawat luar angkasanya. Karena remote controlnya hilang membuatnya harus berurusan dengan banyak orang dan juga agama.

Mencari Tuhan

Karena makhluk ini tidak mengenal bahasa dan tidak berbusana, jadi orang-orang disekitarnya memanggil dia dengan sebutan Peekay (pemabuk).

Ia mencari Tuhan untuk membantu menemukan remote controlnya agar bisa pulang ke planetnya. Dan yang ia temui pada kenyataannya banyak sekali bentuk Tuhan dan cara menemuinya.

Dengan latar belakang India yang terdiri dari beberapa agama, Peekay mendatangi dan berusaha menemui Tuhan dari masing-masing agama tersebut. Hingga ia di hadapkan pada seorang pemuka agama (Tapaswi) yang menjual ke-Tuhan-an melalui ceramah dan tipuan batu yang sebenarnya itu adalah remote control milik Peekay.

Tapaswi berkata batunya tersebut berasal dari serpihan gendang Dewa Siwa yang berfungsi untuk menghapus kesulitan orang-orang. Peekay membantah semua teori Tapaswi.

Ia mengemukakan teori Wrong Number bahwa Tuhan memiliki manajer di dunia, namun kadangkala manajer tersebut salah menafsirkan perintahnya dan justru membuat pertikaian di antara manusia.

Kepolosan dan keluguannya mengantarkan pada Jaggu ( Anushka Sharma ), perempuan yang berprofesi sebagai jurnalis yang kehidupan cintanya tidak disetujui oleh keluarganya karena perbedaan kultur, agama, dan budaya antara India-Pakistan.

Karena Jaggu merasa aneh melihat tingkah laku Peekay yang berbeda dari kebanyakan orang akhirnya ia berniat untuk mencari tahu siapa sebenarnya Peekay.

Awalnya Jaggu tidak percaya kalau Peekay adalah seorang alien. Tapi seiiring berjalannya waktu, bukti-bukti yang Peekay lakukan semakin menunjukan bahwa ia bukan manusia yang berasal dari bumi. Akhirnya Jaggu membantu Peekay mendapatkan kembali remote controlnya.

Ending dari film ini gak sama sepeti yang orang bayangin. Gak ada yang namanya saling menjelekan agama atau saling menjatuhkan. Jalan cerita yang tidak terlalu rumit tapi mengajarkan banyak arti di dalamnya.

Cinta, persahabatan dan keyakinan. Percaya deh, film ini layak di tonton. Terutama untuk kalian yang selalu mempermasalahkan perbedaan agama. Bahkan kita bisa hidup saling berdampingan meski ada perbedaan? Kenapa harus saling usik dan mempermasalahkan soal keyakinan orang lain?
Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku. (QS. Al kafirun: 6)

0 komentar:

Post a Comment